Nim : 17.01.051.087
Gerakan
feminisme merupakan sebuah gerakan ataupun konsep pemikiran yang tak asing lagi
bagi masyarakat, khususnya penduduk dunia secara global, konsep pemikiran yang
berlandaskan juga bertujuan untuk membela hak-hak perempuan dan meruntuhkan sistem patriarki
ini juga telah banyak di terapkan guna
mengajak dan mensosialisasikan gerakan ini agar semakin meluas, salah satu
platform yang palin sering di gunakan adalah media informasi, entah itu pada
film, iklan, layanan service publik, radio, surat kabar, dan masih banyak lagi.
Disini
mungkin kita akan sedikit membahas beberapa isu feminisme pada media yaitu
dimulai dari sebuah film yang pastinya kita semua tahu, Wonder Women, fillm
yang berasal dari warner bros dan diterbit dari sesosok hero yang diciptakan
oleh DC Comics ini sendiri mampu menarik perhatian masyarakat global dan juga
sukses dalam setiap penayangannya, Film yang menghabiskan dana kurang lebih 149
juta dollar ini sendiri, menempatkan seorang wanita sebagai karakter superhero
yang sangat amat kuat dan mampu melindungi orang-orang di sekitarnya. Gal
gadot, seorang artis terkenal yang memerankan wonder women ini, juga
menampilkan akting yang sangat apik dan mampu menghipnotis penonton untuk menikmati film ini. Film yang berlatar belakangkan perang dunia 1 inipun
menyajikan karakter perempuan yang memiliki kekuatan serba bisa bahkan dari
seorang pria sekalipun, bahkan ia memiliki kelebihan dari berbagai sisi, yang
pada awalnya hal tersebut adalah hal yang pada umumnya di tempati oleh para lelaki, seperti
pengendalian emosi yang sangat baik, kemampuan kepemimpinan yang sangat bagus,
kehadirannya yang mampu menjadi penunjang keberhasilan di setiap momen,
kekuatan fisik yang lebih kuat daripada lelaki manapun, dan masih banyak lagi.
Tentunya penggambaran karakter wanita seperti yang di sajikan pada film ini
adalah mempunyai makna tertentu,
diantaranya adalah untuk membuat kita berfikir kembali bahwa wanita juga
dapat mampu melakukan hal-hal yang sekiranya sering dan hanya di lakukan oleh
kaum adam. Ditambah lagi pesan ini di sampaikan melalui sebuah film yang
seperti kita tahu film mempunya daya tarik pemikat dan memiliki unsur
komunikasi yang sangat amat persuasif, dan memiliki penerimaan yang sangat objektif
bagi publik dan masyarakat, dan dengannya mudah-mudahan konsep feminisme dapat
lebih diterima di masyarakat demi memberikan eskalasi terhadap perjuangan
wanita melawan diskriminasi dan melawan sistem sosial patriarki.
Daftar Pustaka
Listyani, E. (2010). Wanita dalam Iklan Televisi
(Studi Representasi Wanita dalam Iklan di Televisi). Media Kom, 3(5). Jakarta:
Program Magister Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana
No comments:
Post a Comment