Thursday, May 30, 2019

Isu Sosial Feminisme Pada Media



  Nama : Sharifah Arifin
  Nim : 17.01.051.087

Gerakan feminisme merupakan sebuah gerakan ataupun konsep pemikiran yang tak asing lagi bagi masyarakat, khususnya penduduk dunia secara global, konsep pemikiran yang berlandaskan juga bertujuan untuk membela hak-hak    perempuan dan meruntuhkan sistem patriarki ini juga telah banyak  di terapkan guna mengajak dan mensosialisasikan gerakan ini agar semakin meluas, salah satu platform yang palin sering di gunakan adalah media informasi, entah itu pada film, iklan, layanan service publik, radio, surat kabar, dan masih banyak lagi.

Disini mungkin kita akan sedikit membahas beberapa isu feminisme pada media yaitu dimulai dari sebuah film yang pastinya kita semua tahu, Wonder Women, fillm yang berasal dari warner bros dan diterbit dari sesosok hero yang diciptakan oleh DC Comics ini sendiri mampu menarik perhatian masyarakat global dan juga sukses dalam setiap penayangannya, Film yang menghabiskan dana kurang lebih 149 juta dollar ini sendiri, menempatkan seorang wanita sebagai karakter superhero yang sangat amat kuat dan mampu melindungi orang-orang di sekitarnya. Gal gadot, seorang artis terkenal yang memerankan wonder women ini, juga menampilkan akting yang sangat apik dan mampu menghipnotis penonton untuk  menikmati film ini. Film yang  berlatar belakangkan perang dunia 1 inipun menyajikan karakter perempuan yang memiliki kekuatan serba bisa bahkan dari seorang pria sekalipun, bahkan ia memiliki kelebihan dari berbagai sisi, yang pada awalnya hal tersebut adalah hal yang pada umumnya di tempati oleh para lelaki, seperti pengendalian emosi yang sangat baik, kemampuan kepemimpinan yang sangat bagus, kehadirannya yang mampu menjadi penunjang keberhasilan di setiap momen, kekuatan fisik yang lebih kuat daripada lelaki manapun, dan masih banyak lagi. 

Tentunya penggambaran karakter wanita seperti yang di sajikan pada film ini adalah mempunyai makna tertentu,  diantaranya adalah untuk membuat kita berfikir kembali bahwa wanita juga dapat mampu melakukan hal-hal yang sekiranya sering dan hanya di lakukan oleh kaum adam. Ditambah lagi pesan ini di sampaikan melalui sebuah film yang seperti kita tahu film mempunya daya tarik pemikat dan memiliki unsur komunikasi yang sangat amat persuasif, dan memiliki penerimaan yang sangat objektif bagi publik dan masyarakat, dan dengannya mudah-mudahan konsep feminisme dapat lebih diterima di masyarakat demi memberikan eskalasi terhadap perjuangan wanita melawan diskriminasi dan melawan sistem sosial patriarki.

Daftar Pustaka

Listyani, E. (2010). Wanita dalam Iklan Televisi (Studi Representasi Wanita dalam Iklan di Televisi). Media Kom, 3(5). Jakarta: Program Magister Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana


No comments:

Post a Comment